wOw

Sabtu, 01 Januari 2011

Geguritan

Rembulan


rembulan ing dhadha langit kae
rambute nglawer tekan dhadhaku
apa sliramu ngerti rembulan liyane
si tangan alus sing banget wasis ngracik jamu?

anggur, kencur, apadene bratawali
pupur, gincu, lan esem panjiret ati
apa kudu dituku ing lokalisasi
dipondhong cara putri dililing kaya bayi
kangmangka prauku isih sendhen ing dermagamu, sri?
upama kudu digadhe pira tebusane
yen dituku pira regane
bakal daksembadani waton dudu wujud bandha donya
rerangken lamaran ora nganggo raja brana
tumuruna, tumuruna
dimen rembulan kae gelem leladhang ing taman
selagine aku isih kongang nyipta geguritan

rembulan kekalang ing jero dhadha
sunare nyipta esem sadawane mangsa


Ambalan Kebumen, Juli 2000
(Jaya Baya, No. 1- Tanggal 3 September 2000)

Ragilputra, Turiyo. 2007. Bledheg Segara Kidul Antologi Geguriran (1987-2007). Yogyakarta: Gema Grafika
Kaca : 65

Bhava Rasa dalam Geguritan Rembulan
 Bait Pertama
rembulan ing dhadha langit kae
rambute nglawer tekan dhadhaku
apa sliramu ngerti rembulan liyane
si tangan alus sing banget wasis ngracik jamu?
Pada bait ini sekilas turiyo menuliskan geguritan seperti pantun yang sajaknya abab. Rimanya jenis Asonansi yaitu rima yang disebabkan oleh adanya unsur vokal yang sama. Kata rembulan dituliskan dua kali dengan tambahan diksi berupa: dhadha, langit, nglawer, sliramu, alus, dan wasis. Majasnya Metafora pada baris pertama dan kedua. Bait pertama ini merupakan perkenalan rembulan itu.
Rasa yang dapat kita resapi yaitu kerinduan erotis tokoh aku kepada rembulan yang diungkapkan dengan bertanya pada orang yang ngeungkapkan orang yang bertangan halus dan pandai membuat jamu. Dengan mengakhiri dengan tanda tanya (?)
 Bait Kedua
anggur, kencur, apadene bratawali
pupur, gincu, lan esem panjiret ati
apa kudu dituku ing lokalisasi
dipondhong cara putri dililing kaya bayi
kangmangka prauku isih sendhen ing dermagamu, sri?
upama kudu digadhe pira tebusane
yen dituku pira regane
bakal daksembadani waton dudu wujud bandha donya
rerangken lamaran ora nganggo raja brana
tumuruna, tumuruna
dimen rembulan kae gelem leladhang ing taman
selagine aku isih kongang nyipta geguritan
Bait yang kedua ini bersajakkan iiiii ee aaaaa dengan rima yang tidak sempurna yaitu letak satu suku kata yang hanya vokal atau konsonan saja. Diksinya: snggir, kencur, bratawali, pupur, gincu, esem, lokalisasi, dililing, prauku, sendhen, dermagamu, digadhe, dituku, daksembadani, bandha donya, raja brana, tu,uruna, leladhang, kongang. Majasnya: Personifikasi dan hiperbola pada baris kedua terakhir. Pada bait ini cukup dituliskan sekali saja kata rembulan karena dibaris tengah sudah diwakili nama panggilan seorang wanita yaitu sri.
Rasa yang ditampilkan pada bait ini: sedih baris lima pertama akhiri vokal i karena disini diungkapkan bahwa prau si aku yaitu cintanya masih bersandar pada sri dermaga, marah empat baris selanjutnya eeaa yang mengungkapkan kesanggupan si aku untuk dapat memboyong cintanya meskipun tidak berwujud harta benda dunia bandha donya = raja brana dalam acara lamaran penganten, erotis pada bait tiga terakhir yang melukiskan kerinduan tokoh si aku kepada rembulan sri untuk berkenan hadir ditaman sehingga dapat menggambarkannya dengan menulis geguritan untuknya.

 Bait Ketiga
rembulan kekalang ing jero dhadha
sunare nyipta esem sadawane mangsa
Bait penutup yang merupakan akhir dari geguritan yang cukup bagus dengan hanya dituliskan dengan dua baris saja.bersajak aa dengan hanya satu kata rembulan diawal baris. Diksinya: kekalang, sunare, esem, sadawane, mangsa. Majasnya: Hiperbola dan personifikasi.
Rasa yang diungkapkan: erotis yang mengungkapkan cintanya si aku hanya untuk sri seorang yang dilkiaskan rembulan itu dan terus tersimpan dalam hati selamanya yang menciptakn esem kenangan untuk dapat dikenang dengan indah selamanya.

Tidak ada komentar: